Sunday, March 3, 2013

Struktur Anatomi Batang

XILEM
Xilem berfungsi menyalurkanair dan mineral dari akar ke daun. Struktur xilem terdiri dari unsur pembuluh , serabut xilem dan parenkima xilem.
Unsur pembuluh ada 2 yaitu prmbuluh kayu (trakea) dan trakeid yang merupakan sel mati, tidak memiliki sitoplasma dan hanya tersisa dinding selnya , yang bersanbungan sehingga membentuk pembuluh kapiler yang berfungsi sebagai pengangkut air dan mineral. Diameter xilem bervariasi tergantung pada spesies tumbuhan , tetapi biasanya 20- 700um. Dinding xilem mengalami penebalan zat lignin .

Trakea terdiri atas sel-sel berbentuk tabung yang berdinding tebal karena adanya lapisan selulosa sekunder dan doperkuat lignin sebagai bahan pengikat. Diameter trakea biasanya lebih besar dari pada diameter trakeid. Rata –rata diameter trakeid adalah 30 .
 Ujung selnya yang terbuka di sebut lempeng perforasi. Trakea hanya terdapat pada angiospermae (tumbuhan berbiji tertutup ) dan tidak terdapat pada gymnospermae ( tumbuhan berbiji terbuka ) kecuali anggota gnetaceae ( golongan Melinjo )


BATANG
Batang merupakan bagian tumbuhan yang berada di atas permukaan tanah yang berfungsi sebagai lintasan air mineral dan makanan antar bagian tumbuhan seperti antar akar, batang, daun.
Bagian dari ujung batang dan daunnya di sebut kuncup terminal sedangkan kuncup ketiak disebut kuncup aksilar.  Pada tumbuhan angiospermae ada 3 tipe batang yaitu tipe rumput (kalamus), tipe lunak berair  ( terna / herba ) , dan tipe berkayu.
Tumbuhan yang berkayu biasanya berbatang keras, tebal, dan panjang. Permukaan batang yang tua memiliki permukaan yang kasar dan terdapat lentisel pada bagian tertentu yang berfungsi sebagai tempat keluar masuknya gas pada tumbuhan. Tipe batang biasanya lunak, hijau karena berklorofil, sedikit atau bahkan tidak ada jaringan kayu, ukuran batangn kecil dan pendek. Bagian luar batang berupa lapisan epidermis yang berdinding tipis dan terdapat stomata.
STRUKTUR ANATOMI BATANG
Pada ujung batang yang sedang tumbuh , tepatnya dibelakang titik tumbuh terbentuk jaringan primer. Strukturnya ialah
    Protoderma yang merupakan bagian luar yang membentuk epidermis .
    Prokambium yang akan membentuk jaringan xilem dan floem yang terletak dibagian tengah
    Meristem dasar adalah jaringa yang membentuk empulur dan korteks.

STRUKTUR PRIMER BATANG
*   Struktur primer batang monokotil
Terdiri dari epidermis bagian luar , dan pada bagian dalam terdiri atas ikatan pembuluh , empulr dan sklerenkime yang tersebar acak sehingga korteks dan stele tidak tampak
*   Struktur primer batang dikotil
Terdiri dari epidermis, yang berbentuk sel-sel pipih, di lapisi oleh kutin atau kutikula dan berfungsi melindungi bagian yang di dalamnya. Korteks adalah jaringan yang terletak di bawah jaringan epidermis, tersusun dari sel-sel parenkima yang berbentuk bulat, berdinding tipis, dan bervakuola besar. Yang berfungsi menyimpan cadangan makanan pada beberapa jenis tumbuhan dindingnya mengalami penebalan membentuk kolenkima dan sklerenkima.
*   Stele, merupakan bagian terdalam batang, yang tersusun oleh pembuluh xilem primer, floem primer, kambium vaskular dan empulur.
    Xilem primer, adalah jaringan kompleks karena tersusun oleh jaringan xilem dan trakeid
    Floem primer, jaringan majemuk yang kompleks karena tersusun oleh beberapa macam sel yang mapu mengangkut zat organic hasil dari bagian daun ke bagian yang lainnya.
    Kambium vaskular , ialah jaringan yang bersifat meritematisdan terbentuk dari prokambium, yang terletak antara jaringan xilem dan floem
    Empulur, yaitu bagian dalam dari batang yang tersusun oleh sel-sel parenkima sebagai tempat penyimpanan makanan.

STRUKTUR SEKUNDER BATANG
     Floem sekunder
Jaringan floem yang letaknya lebih dalam dari foem primer, yang di bentuk oleh kambium ke arah luar
     Xilem sekunder
Jaringan yang di bentuk oleh jaringan kambium ke arah dalam, yang letaknya lebih ke arah luar.
     Gabus dan kambium gabus
Jaringan yang di bentuk oleh felogen ke arah luar, sedangkan ke arah dalam membentuk feloderma atau parenkima gabus
PERBEDAAN STUKTUR ANATOMI BATANG MONOKIOTIL DAN DIKOTIL
    Monokotil
ü  Batang tidak bercabang
ü  Pembuluh angkut tersebar
ü  Tidak mempunyai kambium vascular, sehingga tidak dapat tumbuh besar
ü  Memiliki meristem interkalar
ü  Tidak memiliki jari-jari empulur
ü  Tidak dapt di bedakan antar korteks dan empulur




    Dikotil
ü  Batang bercabang-cabang
ü  Pembuluh angkut teraturdalam susunan lingkaran atau berseling radial
ü  Mempunyai kambium vascular, sehingga dapat tumbuh besar
ü  Tidak mempunyai meristem interkalar
ü  Jari-jari empulur berupaderetan parenkimadi antara berkas pengangkut
ü  Dapat di bedakan antara korteks dan empulur

No comments :