Wednesday, October 9, 2013

Contoh Tajuk Rencana








Pasca Tragedi Sukhoi, Pelayanan Publik Dipertanyakan

Berbicara mengenai Transportasi, kita akan mengenang kembali tragedi jatuhnyaa pesawat Sukhoi SuperJet 100 di Lereng Gunung Salak. Selain itu, kita juga mengenang berbagai musibah yang telah terjadi pada berbagai alat transportasi yang merenggut nyawa korban yang tidak sedikit. Mengapa mengenang? Karena sudah pasti kita tidak ingin hal serupa terjadi kembali.

Keamanan Transportasi darat, laut maupun udara kini dipertanyakan. Menyetir mobil bisa jatuh ke jurang. Menumpang Kereta api bisa keluar jalur rel kemudian oleng. Bahkan Pesawat terbang yang pernah diklaim sebagai sarana transportasi paling mewah dan aman kini tabrak gunung. Apalagi Kapal laut yang sewaktu-waktu bisa tenggelam.
Disitulah letak tanda Tanya besar, Siapa yang harus disalahkan? Sebenarnya ini bukanlah saatnya salah menyalahkan seseorang yang terseret kemudian tersorot menjadi kambing hitam. Seharusnya, disini kita intropeksi mengenai kesalahan tragedi pesawat yang terjadi sebelum tragedi Sukhoi. Kita bersamalah yang menyebabkan ini semua terjaadi.
Sudah menjadi berita umum bahwa Pesawat Sukhoi SuperJet 100 adalah pesawat baru yang didatangkan dari Rusia dan tepat pada hari ituakan menjadi kali pertama Sukhoi SuperJet 100 di uji coba.
Kesalahan pertama adalah membawa penumpang yang terbilang terlalu banyak. Padahal kesempatan itu hanya sekedar uji coba kelaikan pesawat dengan rute Bandara halim Perdana Kusuma - pelabuhan Ratu. Kemudian kesalahan antara pilot atau staff yang member petunjuk dari bawah. Gunung yang tingginya 2200 m atau sekitar 7000 kaki akan dilewati dengan ketinggian 6000 kaki.
Proses Evakuasi oleh tim SAR dan tim Investigasi Rusia juga telah andal dalam andil evakuasi korban pesawat Sukhoi SuperJet 100. Mereka yang terjun langsung ke TKP Gunung Salaktelah bekerja keras dalam usaha tersebut. Kitapun ingin korban Sukhoi tersebut cepat ditemukan akan tetapi medan yang dihadapi adalah tebing yang sulit untuk dijajaki. Suatu Proses pasti membutuhkan waktu.
Intinya, kita ingin upaya pelayanan publik yang baik harus terus dibenahi agar terciptanya kenyamanan dan kepercayaan pelayanan public di bidang transportasi. Jangan main tuduh dan spekulasi tidak jelas sebelum bukti terbongkar.

No comments :